5th SHARE

Share, sebuah komunitas kecil yang awalnya didirikan oleh orang-orang yang sering gue temui ketika gue masih menginjak bangku sekolah menengah atas. Share, komunitas anak-anak berbaju merah ini (kita bukan dari partai atau aliansi tertentu kok :p) awalnya terbentuk karena ketidaksengajaan.
Pertama munculnya share adalah ketika temen-temen dari kelas lain ngadain bagi-bagi takjil gratis di jalan raya ketika bulan puasa untuk "orang-orang di jalan" sekitar 3 tahun lalu, kalo gasalah Ramadhan 2011. Hingga muncul gagasan buat ngelanjutin kegiatan sosial itu, tapi gak sebatas bagi takjil aja. Akhirnya, setiap liburan semester kita adain acara sosial yang sifatnya lebih private, yaitu buat anak-anak yatim/ piatu/ dhuafa di panti-panti asuhan. Simply, kita ngadain santunan yang dibungkus dalam acara dengan tujuan bersenang-senang, dengan games, nonton film anak-anak yang bermanfaat, belajar cuci tangan yang baik dan benar, kuis dengan soal yang berbasis agama. Ya seperti itulah kegiatan sederhana yang sangat amat kita nanti setiap tahunnya.

Alhamdulillah, komunitas ini udah ngadain 5 kali acara.
Pertama, Feb 2012 di panti asuhan dekat rumah sakit bakti yudha.
Kedua, kita bagi takjil gratis pas bulan puasa di jalan raya.
Ketiga, di salah satu panti daerah pasar minggu.
Keempat, ada share trilogi. Ngadainnya beberapa kali dalam sebulan, waktu itu pas lagi ramadhan juga. Kita join sama sebuah tempat bimbingan belajar yang berbasis sosial. Acaranya ada pawai ramadhan di minggu pertama, lomba di minggu kedua, dan di minggu ketiga ada santunan di daerah rumah Weni.

Nah, yang kelima ini yang masih anget-angetnya ada di pikiran gue. 8 Februari kemarin, kita ngadain acara Share di sebuah yayasan di Mega Mendung, Bogor. Perjalanan jauh yang ditempuh dan hujan yang membasahi villa tempat kita mengadakan acara sama sekali enggak menumbangkan semangat dan keinginan kita untuk berbagi. Kita mengundang sekitar 30 orang anak SD yang dinaungi oleh yayasan tersebut. Mereka antusias, jujur gue melihat perbedaan antara anak-anak di daerah sana, dengan anak-anak di daerah sini. Beda aja, mereka terlihat lebih sopan, lebih antusias, lebih menghargai kita dengan semua kekurangan kita dalam mengadakan acara. Meskipun ada yang bandel bangeeet, namanya Mahmud. Tapi dia masih kelas 2 SD, jadi kenakalannya masih bisa dimaklumi, ya...meskipun dia udah bikin bekas gigitan di kaki gue.

Ada beberapa ibu dari mereka yang ikut datang, ya maklum disana daerahnya deket sungai, bahaya juga kalau nanti anaknya pulang tanpa didampingi. Kayanya rumah mereka juga jauh-jauh, karena ada beberapa anak di kelompok gue yang emang gak saling kenal sebelumnya. Gue sedih, liat mereka. Sedih serius, bahkan pas selesai, untuk pertama kalinya gue nangis pisah sama adek-adek yang ikut acara. Biasanya ga pernah.. Entahlah, sekarang gue jadi kangen mereka.

Ada satu anak yang gue ajak ngobrol, namanya Siti. Gue tanya dia tinggal sama siapa, dia jawab sama ibu dan kakanya. Berarti bisa kita simpulkan bahwa dia yatim, ya. Anaknya cenderung pendiem. Katanya ibunya sering masak telur. Dia juga suka sayur. Terus disitu gue malah bahas kalo sayur asem pake ikan asin itu enak banget :")
Ada juga namanya Wildan. Setau gue dia kelas 1 SD, tapi anaknya kalem, ga berisik, gak bandel. Cita-citanya jadi polisi.
Ada yang namanya Ajis, kelas 1 SD. Dia keciiil banget deh, bahkan pas games foto box dia sampe gue gendong biar bisa nyelip :")
Sebenernya, gue gak enak sama adek-adek di kelompok gue, karena si mahmud nakal gue jadi lebih fokus ngediemin dia. Maafkan kaka yaaa adek-adek. Untung masih ada kak temia dan kak dian sebagai fasil di kelompok gue ^^

Gue kangen mereka..........
Gue kangen suasananya.....
Gue kangen rasa bahagia ketika lo bisa bikin anak-anak itu tertawa, ngajarin mereka hal-hal kecil, ngajarin mereka buat berani tampil depan umum walau sekedar jawab pertanyaan, atau ngasih kesan pesan. Bahagia. Bahagia yang gak bisa lo beli dengan uang. I'm serious.

Banyak orang nanya sama gue, "Share itu dananya dari mana?".
Kalo ditanya gitu, jujur gue gak tau. Maksud gue, gak tau disini bukan berarti gue gak tau duitnya dari mana. Alhamdulillah, setiap ngadain acara, semepet apapun, Alhamdulillah selalu dimudahkan. Ada aja dana buat kita. Bahkan kadang dananya lebih, dan kita simpan untuk kegiatan Share berikutnya. Kalo mau berbuat baik, Insya Allah, Allah pasti mempermudah.
Kita mencari dana dengan cara cari donatur, kita sumbang-sumbangan, kita ngamen, kita juga buat proposal, tapi proposalnya bukan kerja sama gitu yang ada timbal balik keuntungan buat si donatur. Gak ada ngiklanin apapun. Proposal kita buat agar orang tau, dan mereka mau memberikan sedikit dari rezeki mereka yang sebenernya memang merupakan bagian dari anak-anak itu, ya toh? :)

Oh iya, Share yang dulu emang biasanya cuma anak-anak dari SMA gue aja. Tapi, beberapa kali share belakangan ini, ada kok non-SMA 38 yang ikutan. Dan itu sangat amat dibolehkan. Jadiii, buat temen-temen yang mau ikut next share (6th SHARE) just call me okay! Kita amat sangat terbuka untuk siapapun yang mau ikut. Banyak cara untuk bahagia, salah satunya dengan berbagi. Percayalah :)


ini kelompoknya akuh~ kelompok Sehat :)

SHARE dan adek-adek Yayasan Nurul Falah, Bogor

ini Mahmud. Siapa yang percaya kalo dia nakal-nakal lucu? Gabisa diem :"

<3<3<3<3 Just, love stuck!

Wildan. Semoga cita-cita jadi polisinya tercapai ya sayang :)

Liat kaka baju merah di kiri sana? Dia orang Bengkulu loh, kuliah di Jogja. 
Bisa ikutan. Boleh banget ikutan :)

Ini Ajis! Dia masih kecil, suka masukin tangan ke mulut. Lucu :)

Yang ini pasti mau jawab pertanyaan. Mereka hebat :D

Waktu belajar cuci tangan yang benar *kemudian nyanyi lagu cuci tangan*
Kakanya sampe pake payung loh. Cuacanya ituuuu <3

Ini games foto box. Dengan tali rafia ukuran kecil mereka harus bisa masuk ke dalamnya. 
Harus muat di foto :D

Ngeliat mereka ketawa itu kebahagiaan tersendiri loh :")


PS. I'm pretty sure, serius ngajakin semua yang mau ikut buat gabung.
Just call me!


Comments