Perjuangan!

Kalo ikutin kata Tulus sih mungkin postingan ini bakal berjudul "Satu hari di bulan Juni"
Kalo kata gue "Baru awal Juni udah macem-macem"

Cerita ini bermula tadi pagi, ketika Rifal dapet sms dari pak dodi buat nyuruh mahasiswa yang belom ujian bandara buat ikut susulan di kampus B salemba. Isi smsnya gini kira-kira: Aldi, tolong kasih tau temen kamu yang belum ujian, hari ini ujian dengan saya di kampus salemba sore sebelum maghrib. Agak gak paham sih, sore sebelum maghrib jam berapa.....

Kebetulan, cuma 2 orang yang ga ikut, gue sama vina. Tapi vinanya lagi sakit jadi ga bisa ikut ujian susulan. Akhirnya, dengan bermodalkan tekad dan sok tau gue berangkat ke kampus salemba sendirian! Nanya temen dikelas yang pernah kesana tapi mereka ga pada tau kalo naik umum, ada juga yang tau katanya naik kopaja dari cikini tapi ribet nyebrang-nyebrang. Nanya hamzah, jawabnya naek bemo dari manggarai turun salemba bluntas. Mumet gue. Gak ada bayangan itu nanti perjalanan kaya apa. Udah nanya-nanya hamzah balik jam berapa dari kantor biar bisa anter gue, tapi dia banyak kerjaan. Ya apa daya, lagian kemarenan dia udah belain jemput pas gue abis mudik, sampe ijin balik kantor duluan. Gue kan dak boleh egois :3

Gue mikir Hamzah kan sering ke kampus salemba jadi pasti lebih tau jalan, jadi turun manggarai lah tadi. Terus langsung jalan nyari bemo. Berhubung gue gak tau lokasi kampus salemba, gue nanya-nanya orang kan ya. Baru mau naik bemo aja nanya dulu sama abangnya, "Salemba bluntas bang?"...
Di dalem bemo, nanya lagi sama mbak-mbak depan gue (kebetulan kita baru berdua), "mbak tau kampus gunadarma salemba ga? di salemba bluntas?" dan mbaknya bilang nggak tau. Gue curiga antara dia beneran engga tau, atau ngira gue penjahat, penghipnotis dan sekutunya karena jawabnya cepet banget geleng-geleng pala. Pas disitu, ada bapak-bapak baru naik, terus nanya gue mau kemana. Gue jawab lah tuh ke kampus gunadarma yang di salemba bluntas. Kata si bapak, "oh nanti ade turun di lampu merah, bemonya belok kanan, ade jalan belok kiri". Gue ngangguk-ngangguk. Rasanya kaya, alhamdulillah ada yang tau. Pas supir bemonya naek dan mau jalan, gue bilang lagi ke abangnya, "Bang, nanti turunin di salemba bluntas ya yang universitas gunadarma". Abang supir mengangguk pasti. Gue ngerasa aman dan yakin bakal nyampe kampus dengan elegan.

Turun lah gue di pertigaan lampu merah yang ditunjukin si bapak baik hati. Gue turun, terus belok kiri. Ngelewatin fakultas kedokterannya kampus tetangga. Panjang banget. Engga nyampe-nyampe. Seinget gue, sepanjang jalan itu udah banyak orang yang gue tanyain. Pertama itu bapak tukang service jam, terus tukang minuman, terus tukang ojek, terus bapak tukang soto, sama bapak pengumpul kardus.
Si bapak tukang jam pas gue tanyain kampus gundar jawabnya: "Oh masih lurus terus de."
Gue jalan lagi, nanya ke tukang minuman, katanya: "Masih lurus lagi de, nanti di depan situ ada jembatan, sebelumnya ada pangkalan ojek, dari situ belok kiri.".
Gue jalan lagi, nyampe tukang ojek gue nanya lagi, "kampus gunadarma dimana pak?" salah satu dari mereka (ada 3 bapak-bapak) jawabnya: "Oh itu yang di tempat sampah." GLEK. Kampus gue di tempat sampah... Salah satunya coba klarifikasi dengan bilang, "ade jalan terus lurus nanti ada tempat sampah, sebelahnya kampus gunadarma." Yang satunya dengan sangat membantu cuma bilang, "itu de yang tinggi". Baiklah pak yang tinggi dari sekian banyak gedung tinggi...

Gue jalan lurus terus, ada perduaan gitu, jalannya kebelah. Gue pilih kiri. Jalan lagi, tapi kok ga ada tempat sampah, akhirnya gue nanya lagi ke bapak pengumpul kardus. Jawaban dia berbeda, "Oh itu de di sana, deket rumah sakit. Keluar dari sini, terus belok kanan lurus terus. Deket caroles." Gue cengo, dalem hati maki-maki, "buseh pak, itu mah deket saya turun bemo tadi. Ngaco nih, salah maksud kampusnya kali". Akhirnya gue jalan lagi, sok-sok ke arah luar biar menghargai si bapak tadi. Tapi abis itu nanya ke bapak tukang soto yang baik hati. Dia bilang, "Bentar lagi de, itu jalan ada tempat sampah sebelah kiri, itu kampusnya." Akhirnya gue jalan lagi lurus, dan sampe!!!
Gue bahagyaaaaaa..........
Kampusnya gede gitu, kaya gedung di simatupang kali ya. Pendekan dikit. Tapi sepiiiiiiiii banget dari luar, cocok buat tempat semedi. Ga ada satpam yang bisa gue tanyain. Gue masuk, di lobi bawah itu ga ada orang lain kecuali segerombolan cowok-cowok (kurang lebih 10 orang kali ya) lagi ngedeprok di pojokan deket pintu masuk, entah ngerjain tugas atau maen game. Gue diem. Udah masuk ke dalem. Pengen nanya itu kampus B apa bukan. Tapi cuma ada mereka yang bisa ditanyain. Tapi malu. Soalnya mereka keroyokan, mana cowok semua. Akhirnya dengen memberanikan diri, gue tanya aja itu kampus B apa bukan. Jawabannya................BUKAN, ITU KAMPUS A. Selamat, Ci!!!

Lemes, njir. Mereka akhirnya ngasih tau kampus B itu dimana. Ngasih taunya keroyokan tapi. Pusing dengernya. Yang gue tangkep cuma "sederetan sama MCd, KFC yang di pertigaan tau ga? Kampusnya sebelum lampu merah." FINE. Gue harus jalan balik lagi. Rasanya gue pengen teriak, "Bapak pengumpul kardus, sesungguhnya jasamu begitu besar untukku...."
Akhirnya, dengan lelah letih lesu lunglai, panas banget, pakek kerudung item, pen kebakar rasanya kepala, kaki makin belang, pegel, terpaksa gue jalan lagi. Pengen naek angkot, tapi gatau angkot mana, naik ojek atau bajaj gatau masih jauh apa deket lagi. Itu gedung-gedung berempetan engga keliatan mana yang gundar mana yang bukan. Akhirnya gue balik lagi ke arah tempat tadi gue turun bemo, nanya orang lagi, nunjukinnya ke kampus A tadi. Rasanya kaya pengen pulang lagi aja. Gue bilang, "bukan pak, bukan kampus yang itu, tapi yang sederetan jalan ini" (kampus A itu sebrangan sama tempat gue nanya bapak-bapak tukang minuman itu) Bapaknya akhirnya bilang, "Oh, itu lurus terus de. Jauh, masih jalan lagi sebelum lampu merah depan." Bangssss. Gue kira lampu merahnya itu lampu merah yang tempat gue turun bemo, ternyata masih lurus lagi. Bapak satunya lagi bilang, "jauh de, deket apotek blablabla" Gue makin lemes. Tapi bapak minuman menguatkan gue, "gak kok de, jauh kalo dari apotek itu mah, pokoknya sebelumnya."
Terserah mau jauh atau deket dari itu apotek, Pak. Saya toh gak tau dimana apoteknya. Yang saya mau tau, itu kampus masih jauh engga dari sini T_T

Gue galau, pengen naek ojek nanggung juga kan, angkot gajelas tujuannya, akhirnya gue jalan kaki lagi. Sambil dalam hati ngomel-ngomel, "sial ini mah jalan yang dilewatin bemo tadi, kalo gue belok kiri kan dia belok kanan, lewat sini dia. sial sial." sambil cemberut aja. Akhirnya, gue nemu plang Universitas Gunadarma, persis depan jalan raya yang dilewatin bemo! PERSISSSSS! Gue pengen marah ama siapa juga engga tau, cuma bisa ngetawain kebegoan gue aja itu...
Akhirnya pas di depan disambut sama pak satpam baik hati, gue nanya dulu kan "Pak ini kampus B bukan?" dan jawaban si bapak adalah, "Bukan ini kampus C" *dalem ati ngedumel kenapa kampus gundar banyak bat* terus gue hopeless... si bapak bilang lagi, "kampus B yang disana kali?" *nunjuk ke arah kampus banyak lelaki tadi. "Bukan pak itu kampus A.." "Oh kampus kenari itu kampus A." Gue cengo lagi, ternyata kampus A itu kampus kenari, bukan kampus salemba. HA HA HA jelas-jelas bapaknya sms kampus salemba. HA HA HA..
"Mau ujian ya?" Bapak satpam nanya lagi. "Iya pak, susulan." "Sama ibu blablabla?" "Bukan pak, sama pak dodi" "Oh pak dodi, udah dari jam 2 dia dateng.."
AKU TERSENYUM TERHARU BAHAGIA..
Akhirnya si bapak satpam anterin gue ke kampus B yang lokasinya di belakang kampus C, mungkin ada kali 200 m, auk deh pokoknya dari dalem kampus C itu belok belok lorong mulu serem, mana sepi karena ga ada perkuliahan. Gue berterima kasih sangat sama si bapak yang udah nganterin masuk lorong kampus serem, gang warga, sampe gue nginjekin kaki di kampus B. Luar biasa :")

Pas nyampe, gue ngaso dulu. Duduk-duduk. Baru setengah 3 sore. Dan gue gatau itu udah bisa dibilang 'sore sebelum maghrib' belum. Gue sih mikirnya gamungkin maghrib banget juga kan, masa ujian jam segitu euy. Akhirnya jam 3 gue sms bapak dosennya, kata beliau "tunggu ya, saya lg meeting, tunggu saja" Baeklah... sambil baca materi, denger lagu, gak kelar-kelar si bapak. Sampe maen candy crush nyawa abis tanpa menang sama sekali. Sampe yang di lobi kampus pada pulang, sampe tinggal sendirian. Akhirnya, hamzah dateng. HAHAHAHA bahagia. Itu dia datang jam 4an. Entah kenapa, lagi ngerasa pas banget gitu, karena hamzah mendadak disuruh bosnya buat presentasi di matraman dan itu deket salemba. Padahal tadinya kan dia harus ngantor dan gabisa nganter gue ke kampus salemba. Selesai dari matraman itu, hamzah langsung nyusulin gue ke kampus. WKWK sering banget ngerepotin sih, As.

Lumayan ada temennya kan buat nunggu. Jam tau-tau udah nunjuk angka 5 aja, gue gelisah, belom makan siang, materi kuliah udah bikin ngantuk buat dibacain mulu, mau makan takut bapaknya muncul. Udah ngobrolin kebegoan nyasar gue ke hamzah, udah ngomongin ini itu, sampe ngomongin etabs segala tapi si bapak engga kunjung muncul. Mau sms bapaknya lagi kan gaenak. Akhirnya, pukul 17.40-an si bapak muncul. LUAR BIASAAAAAA. Dan bapaknya bilang: mau sekarang atau habis maghrib? HAHAHA kalo abis magrib smsnya abis magrib dong pak :"(
Untung bapaknya mengerti jawaban gue, "terserah bapak aja baiknya gimana" ujian dimulai saat itu juga, di lobi depan tempat gue nunggu. Gue ditaro di meja deket hamzah duduk. Bapaknya au kemana. Aci teruji hari ini! :"))
Ujiannya cuma ampe jam 18.30, sesebentar itu untuk perjuangan menemukan kampus terpencil yang tidak banyak diketahui khalayak. Sesebentar itu untuk waktu nunggu tiga jam. BAPAK :""""
Tapi bapaknya baik, aku suka :3

Pulangnya... gak ada yang istimewa. Kecuali, beli batagor deket stasiun depok. Masa beli 5000 cuma dapet batagor 1, tahu 1, otak-otak 1. Abangnya pengen naek haji cepet-cepet ama tujuh turunannya.

Ya begitulah kisah hari ini, entah siapa yang bodoh. Tapi kayanya gue sih yang bodoh T_T

Comments

  1. sabar..................................... :D
    selalu ada perjuangan dalam perjalanan menuju kesuksesan. *sotoy badai.
    semangat. :D

    ReplyDelete
  2. Asik banget gaya nulis kamu! ngakak terus pas baca, takut kualat ntar <-- lagi nyari rute k kampus salemba

    ReplyDelete
  3. Hehe semangaat, pasti klo diinget inget sekarang jadi lucu.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya baru baca lagi, ngakak banget sih sesungguhnya. berasa bodoh ._.

      Delete

Post a Comment