Transportasi Jakarta dan Sekitarnya

Halo! Paraaah udah lama banget ga cuap-cuap di blog ini haha. Bahkan kebiasaan gue terulang lagi, lupa email dan password. Ya untung Allah masih baik. Bisa log-in juga deh hehe.

Kali ini, gue mau sok ngepost yang berguna dikit deh. Sebenernya udah lama banget mau review soal transportasi di Jakarta dan sekitarannya, mungkin lebih pas kalo gue sebut transportasi di Jabodetabek ya. Jakarta tuh macem ladang emas, orang yang tinggalnya di pinggiran Jakarta rata-rata mencari nafkah di Jakarta, gak heran sih soalnya UMRnya lebih tinggi, dan banyak orang juga yang berfikir kalo kerja di Jakarta itu prestigious. Pasti udah ngerasain kan kalo rush hour saat pagi atau sore selalu rame deh jalanan, bukan rame deh, tapi PADAT. Gue sebagai orang yang hidupnya di Depok doang aja udah enek sama macetnya Depok, ga kebayang deh yang di Jakarta kaya apa. Mungkin kalo pekerja yang rumahnya di ujung udah lelah kali ya ngabisin waktu tiap hari hanya untuk perjalanan aja. Parah kan ya. Kasian gitu, ngeliat semrawutnya Jakarta mulai dari transportasinya sampe ke masalah banjirnya, ga habis-habis malah nambah terus. Gimana mau habis coba tentang banjir, sekarang daerah resapan air di Jakarta udah dikit, Kali atau sungai juga isinya sampah terus. Tau ga, sebenernya 30% daerah Jakarta itu dari sananya udah di bawah permukaan air loh, lebih rendah gitu dari muka air tanahnya. Jadi kalo hujan ya udah pasti banjir. Tuh daerah-daerah yang namanya ada rawa-rawanya. Rawabuaya, rawamangun, rawa…apa lagi ya? Hehe ga apal ah (Cmiiw yaa hehe. Seinget gue sih dosen gue cerita gini pas kuliah kemarin :D) Ditambah lagi sekarang Kali atau sungai udah ga bisa lagi menampung kelimpahan air disaat musim hujan karena sampah dan banyak bangunan di sekitar kali. Di negara maju sana, sungai tuh letaknya di depan kota, bukan dibelakangin sama kota. Bisa juga jadi sarana transportasi juga kan. Jadi inget, beberapa tahun lalu pernah coba difungsikan lagi kan tuh transportasi sungai di Jakarta, tapi mesinnya mati terus karena sampah pada nyangkut. Eh…. Kok malah cerita soal ini sih? Kan tadi mau bahas soal transportasi, duh maaf aku anaknya nyerocos banget.
Soal transportasi Jabodetabek, sekarang lagi marak banget sama transportasi berbasis online. Kaya gojek, grabtaxi, grabbike, grabcar, menyusul nanti uber dan blujek. Banyak  ya? Menurut lo yang paling booming apa? Kalo menurut gue sih, gojek. Hahaha karena gue naeknya gojek terus, abis kalo grabbike di depok nggak promo sih, promonya di Jakarta aja. Padahal apalah Jakarta-Depok tuh udah kaya beton sama kerikil (apatuh maksudnya? Artiin aja sendiri ya haha).

Jadi, selama beberapa bulan ini (lebih tepatnya sih selama promo), gue sangat memanfaatkan gojek. Kemana-mana pake gojek, bahkan kredit kalo ditotal mungkin bisa sampe 500k lebih. Rejeki banget kan. Karena gue orangnya bawel dan super kepo, jadilah semuaaaaa abang gojek yang anterin gue jadi korban pertanyaan gue. Nanya A, B, C sampe Z. hingga akhirnya gue dapat fakta-fakta mengenai gojek, yaitu :
1.  Dulu, banyak yang bilang jadi gojek ada  gaji bulanan. Jawabannya salah, mereka gajinya ya pendapatan mereka per hari aja gitu. Jadi, mereka pake ponsel yang sama (kalo ga salah mereknya ZTE dan hp ini bayarnya cicilan gitu deh ga beratin pengemudi) dan provider Telkomsel, serta rekening CIMB Niaga. Nah, hasil pendapatan mereka ngojek itu masuk ke rekening…. Tapi bukan rekening CIMB Niaga. Hasil pendapatannya itu, masuk dulu ke rekening ponsel yang kemudian harus mereka minta untuk dicairkan biar masuk ke rekeningnya. Dari pengemudi gojek yang gue tanya sih, cairnya bisa makan waktu sehari. Jadi, dia tiap hari cairin uangnya biar kalo butuh ga kelabakan. Ada juga yang cairin tiap minggu. Ada juga yang bilang kalo nyairin uangnya 500ribu dulu, kalo langsung sejuta engga ditanggepin. Oiya, mereka bagi hasil 80% untuk pengemudi, 20% untuk gojek. Selama promo, Gojek lah yang nombokin sisa ongkos kita buat pengemudi.
2.  Pengemudi gojek punya target 20 order tiap minggu! Jadi, kebanyakan dari pengemudi yang nargetin sehari minimal 3 order. Sebenernya gue ga tau sih ini, target itu target orderan atau poin? Haha bingung ya? Bentar ya, di no. 3 bakal gue ceritain soal poin :D
3.  Pengemudi gojek yang bisa dapet 10 poin per hari, bakal dapet bonus sebesar 50ribu dari Gojek. Jadi, setiap antar 1 penumpang (transport) mereka dapet 1 poin. Kalo kurir, go-food atau shopping, mereka dapat 3 poin. Kadang gue suka kasian kalo liat abang gojek belanja atau gofood gitu, mereka capek ngantri, tapi mereka mau ambil juga ya, pantesan… wong poinnya langsung dapet 3.
4.  Dari salah satu pengemudi, ada yang pernah cerita kalo harus ngegojek tiap hari, karena kalo udah ga ngojek-ngojek bakal dapet SP (surat peringatan). Makanya kalo mau mudik, harus ijin dulu dan matiin ponsel. Biar ga kedetect di maps kan haha. Entah sih kalo yang ini bener-bener apa nggak, karena banyak juga kan mahasiswa yang ngegojek kalo weekend doang.
5.  Mereka bisa resign dari gojek dan harus mengembalikan 2 helm dan 2 jaket gojek. Ilang satu denda 200k. Kalo ilang semua, denda 800k :”)
6.  Ada pengawas lapangan gojek loh. Jadi, kalo abang gojek nakal ga pake jaket gojek bisa ditegur di tempat. Ketauan kan, karena penumpang biasanya pake helm gojek.
7.  (seriously, gue mikir sekitar 10 menit mencoba mengingat apa aja obrolan gue sama bang gojek-bang gojek yang pernah gue tumpangi) Solidaritas tinggi!! Mereka punya grup whatsapp gojek dan punya grup whatsapp paguyuban juga. Gahol gak tuh? Bukan cuma mahasiswa aja yang punya paguyuban kan. Solidaritas mereka yang tinggi dan kekeluargaan yang hebat ini terbukti ketika lo liat di pinggir jalan banyak bang gojek kongkow bareng, bisa jadi mereka baru kenal hari itu, terus setiap papas an saling pencet klakson (seru abiz) dan yang terakhir adalah ketika ada pengemudi gojek yang ketabrak di daerah mana gitu antara mampang dan ragunan, jadi abang gojeknya lagi bonceng istrinya yang lagi hamil dan anaknya. Mereka semua yang ada di motor itu tewas. Terus pengemudi gojek pada ngelayat ke rumah sakit fatmawati, kata abang gojek yang cerita, penuh banget jalanan sama gojek semua. Hebat ya.
8.  Pengemudi gojek ini beragam, kalo ini semua udah tau pasti ya. Gue pernah dibonceng sama mahasiswa, sama bapak yang kerja di XL 7 tahun, wiraswasta, ibu rumah tangga, sampe anaknya pak haji deket rumah gue. ada juga pengemudi gojek dari Tasikmalaya, sumpah waktu dianter sama Bapak ini, gue mau nangis aja gitu. Dia ngelamar gojek di GBK sampe sore, rela ninggal anak istri di Tasikmalaya, bapaknya baik banget sopan, ramah, dan doain gue juga. Ya semoga doa-doa baik bapak juga kembali ke bapak dan keluarga :”)
9.  Pengemudi di-training dulu sebelum dilepas ke lapangan. Selama sehari training, pengemudi diajarin bagaimana melayani pelanggan, tes bawa motor, dan diajarin gimana operasiin hp untuk keperluan gojek.

Ya itulah beberapa fakta yang gue ingat selama beberapa bulan ini jadi pelanggan gojek. Sekarang pengemudi gojek itu udah super banyak, duluuu gue kalo order harus nunggu 5-10 menit, sekarang ga sampe satu menit udah ada yang accept. Ada pengemudi gojek yang bilang ke gue, “Dulu sebelum dibuka pendaftaran yang di GBK, saya kalo mau anter penumpang milih dulu mba, baca dulu jemput dimana, anter kemana, kalo sekarang mah saya langsung pencet aja. Abis kalo sempetin baca dulu yang ada udah keduluan sama gojek yang lain. Makanya jangan heran mba, kalo ada pengemudi yang minta dicancel aja karena mungkin menurut mereka terlalu jauh atau ternyata ga tau tempat jemputnya.”-(dengan Bahasa yang disesuaikan)

Sebenernya gue agak worry sih, sekarang mereka kan lagi promo ya, jadi semua orang dengan senang hati memakai jasa mereka, nah kalo udah gak promo gimana? Lumayan loh tarif per km nya 4000 rupiah. Kalo naik angkot? Jarak jauh juga masih dibawah 10ribu. Ditambah lagi saingan amat ketat kan. Gojek dengan promo kemarin 10ribu, sekarang 15ribu, terus berubah lagi 15ribu tapi kalo rush hour per km diitung 2500 rupiah. Terus grabbike di Jakarta yang masih 10ribu. Dan sekarang udah launcing blujek yang gratis selama 6km pertama, dan selanjutnya tetep 4000 per kilometer. Mereka tuh udah buanyak banget loh. Pengemudi gojek udah super banyak kan, pengemudi blujek katanya udah 1000 armada. Kalo grabbike gue kurang tau, ga pernah pake jasa grabbike, wong di rumah gue juga ga ada tuh grabbike, sedih ya. Abis grabbike ga promo di depok sih, jadi kebanyakan yang pake ya yang di Jakarta aja. Tapi ya horang kayah di Jabodetabek banyak kok, meskipun mereka lebih mahal tapi mereka jauuuuuuhhhhh lebih efektif dari segi waktu.Semoga rejeki mereka tetap banyak yaaa, selama masih promo giatin deh antar penumpangnya! :)

Gue pribadi mengakui, gue sangat amat sangat terbantu dengan semua transportasi online itu. Grabtaxi misalnya, ada promonya juga, dijemput juga ke tempat. Grabcar, harga yang pasti, mau macet mau cepet ya harganya segitu, pake mobil pribadi juga jadi berasa horang kayah kan wkwk. Kalo uber sih ku nggak tau, dan ga update juga, katanya sih udah ada di Jakarta dan bayarnya pake kartu kredit, iya gasih? Kalo gojek, ya jelas itu aku cinta mati sama gojek, pelayanannya juga bagus kok Alhamdulillah selama ini ga aneh-aneh, malah perjalanan terasa singkat kalo pengemudinya enak diajak ngobrol dan ganteng (halah). Kalo grabbike, ga pernah coba, abis promonya pilih kasih. Blujek? Hari ini launching katanya, tapi aplikasinya ga bisa detect location, mapsnya ga jalan, sepertinya masih perlu persiapan sebelum dilaunching. Soal blujek ini, udah pernah denger dahulu kala dari abang gojek. Ternyata mereka update ya, perkembangan saingan di sekitar hehe. Dulu abangnya bilang blubike deh kalo gasalah, bukan blujek. Dan gosipnya ini anak dari Blue Bird, cuma kurang tau juga sih, baru gossip. Malah abang gojeknya cerita bakal ada jegger sama transjek juga (kalo gasalah sih namanya itu, lupa udah lama abangnya cerita x))


Udah ah, ga berasa ternyata udah banyak banget ya. Ya intinya, di balik semua kebahagiaan akan kemudahan dan kemurahan transportasi, pernahkan kalian berfikir, bahwa kemacetan bakal semakin banyak. Sebelum ada mereka, motor di jalan sudah amat sangat banyak. Dan kita tau salah satu penyebab kemacetan ya karena banyaknya motor di Jalan. Besok makin banyak lagi. Ya, sepertinya pemerintah musti segera memperbaiki atau membuat peraturan tentang transportasi online, karena transportasi ini kan belum ada pengaturnya, harus gimana dan seperti apa. Yang gue denger bahkan Organda udah mulai “merusuhi” transportasi online ini, ya entahlah sepertinya para pakar di luar sana jauh lebih paham harus berbuat apa dengan semua ini. Yang penting harus difikirkan juga, jangan sampai semua pengemudi transportasi online itu kehilangan pekerjaan, kasian mereka karena banyak juga yang udah keluar dari kerjaan awal hanya untuk jadi pengemudi transportasi online itu. Maju terus ya transportasi Indonesia khususnya di Jabodetabek. Semoga kehadiran mereka mengurangi kemacetan, bukan menambah kemacetan. Mengurangi pengangguran, bukan menambah pengangguran. Salam anak angkutan umum! Yeay! <3

Comments

  1. wah baru tahu nih tentang transportasi jakarta yang berbasis economic shareing, tq mba Asri Winita tulisannya mencerahkan banget
    kalau transportasi online beberapa tahun kedepan akan terus trend .. sebelum pengemudi harus digantikan dengan robot .. kasihan juga sih nanti kemungkinan di perkirakan di masa depan akan banyak pengemudi yang di gantikan robot... mudah mudahan tidak secepat itu perubahannya di indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment